Belajar SEO


Panduan lengkap belajar SEO (Search Engine Optimization – Optimalisasi Mesin Pencari) mulai dari A sampai Z. Menyeluruh, terurut, dan lengkap.
Target pembaca: pemula sampai menengah, tapi tentu tidak tertutup juga bagi para pelaku SEO yang merasa dirinya master dan tentu siapapun yang ingin mendalami dan memahami seluk beluk dunia SEO.
  • SEO dan Bukan SEO
     Kebanyakan orang - okey, hampir semua orang yang baru nyemplung ke dunia SEO - secara sederhana menyamakan SEO dengan mendapat peringkat #1 untuk sebuah website di Google.Tapi sesungguhnya SEO jauh lebih luas daripada itu. Ada tiga langka...
  • Sesuaikan Strategi SEO
    Memahami Cara Kerja Mesin Pencari Logis saja kalau anda ingin menempati posisi #1 untuk kata kunci yang dipilih, konsekuensinya anda harus memahami bagaimana cara kerja mesin pencari. Artinya, anda tidak hanya harus tahu faktor apa saja yang digunakan...
  • Contoh Kustomisasi Strategi SEO
    Setiap website punya tujuan yang berbeda, tujuan ini yang akan menentukan jenis keyword apa yang ingin disasar, bagaimana komposisi audien-nya, seberapa ganas persaingannya, seberapa kuat modal dan waktu yang mampu anda keluarkan.Seperti yang sudah...
  • Pola Pikir SEO
    Berpikir Jangka Panjang Search Engine Optimization bukanlah program 'cepat kaya', juga bukan aktivitas jangka pendek yang hanya memberi hasil sementara dengan resiko di-blacklist oleh mesin pencari.Artikel yang merupakan bagian dari seri belajar S...
  • SEO: Pentingnya Sistem dan Prioritas
    Memiliki sebuah 'sistem' untuk mencapai tujuan adalah langkah berikutnya untuk seseorang yang harus menyelesaikan suatu jenis proyek lebih dari satu kali. Contoh; web desainer yang harus menyelesaikan 10-20 situs setiap tahun punya sistem, programer ya...
  • Strategi Diversifikasi Dalam SEO
    Search Engine Optimization (SEO) adalah proses untuk mengarahkan trafik pengunjung dari mesin pencari ke sebuah website. Proses ini tidak mungkin dimengerti kalau belum paham bagaimana cara kerja mesin pencari. Secara khusus, sebelum belajar SEO, kita ...
  • Memahami Mesin Pencari (Search Engine)
    Jadi bagaimana sesungguhnya cara kerja mesin pencari dalam konteks SEO (Search Engine Optimization)? Indeks Mesin Pencari Walaupun penting untuk memahami bagaimana cara mesin pencari 'membaca' sebuah situs web dan menyimpannya di dalam indeks, bagi k...
  • Komponen SERP: Search Engine Results Page
    Search Engine Results Page (SERP) atau mungkin kalau di-Indonesiakan secara bebas sebagai halaman h`sil pencarian adalah halaman yang anda lihat setelah anda mengetikkan kata kunci yang dicari pada berbagai mesin pencari (search engine). Halaman terseb...
  • Apa sih yang Google Mau?
    Pada Februari 2007, Google digunakan oleh 48,1 persen pencari di seluruh Amerika Serikat - hampir dua kali Yahoo (28,1 persen) dan lebih dari empat kali pemakai MSN (sekarang Bing - 10,5 persen) - Sumber: comScore, Februari 2007 (http://www.comscore.co...
  • Apa sih yang Google Mau? - Bag.2
    Melanjutkan artikel sebelumnya tentang apa yang Google mau. Kita bicara tentang relevansi, trust, dan authority. Bagian pertama sudah menjelaskan apa itu relevansi (relevance), dan bagaimana kita meningkatkan kualitas relevansi halaman web kita dengan ...
  • Bagaimana dengan Mesin Pencari Lain?
    Artikel pertama untuk tahun yang baru. :) Pada artikel sebelumnya tentang faktor-faktor yang dinilai oleh Google, sudah dijelaskan 3 faktor apa saja yang menjadi ukuran 'kualitas' oleh Google. Pada tulisan kali ini saya akan merangkum apa yang menjadi ...
  • Faktor-faktor Penilaian Pada Mesin Pencari
    Tidak semua faktor penilaian peringkat pada mesin pencari itu penting, beberapa ranking factor seperti PageRank (PR) hanya penting dalam kondisi-kondisi tertentu. Yang lainnya seperti META tags, fungsinya hanya untuk menyempurnakan detil dan tidak terl...
  • Google Sandbox - Indikator Kualitas Berbasis Waktu
    Terlepas dari percaya bahwa 'Google Sandbox' ini eksis atau tidak, tetap harus diingat bahwa Google menetapkan kualitas (sebuah situs/website atau halaman web/webpage) menggunakan sejumlah indikator berbasis waktu.Indikator ini berhubungan dengan p...
  • Google Pagerank Masih Penting
    Belakangan ini berkembang pandangan bahwa PageRank (PR) sudah tidak penting, tapi kalau saya amati pernyataan tersebut seringkali terlalu didramatisir dan mencerminkan persepsi terbatas (mungkin juga disebabkan frustasi karena periode pembaruan nilai P...
  • Faktor Pemeringkatan On-Page
    Berikut ini adalah item-item on-page (elemen-elemen halaman web) yang mempengaruhi posisi halaman tersebut pada SERP. Tag Title Pada kode HTML anda akan melihat tag Title sebagai <title>, tag ini tampil pada bagian atas jendela peramban dan mun...
  • Faktor Pemeringkatan On-Page - Bag. 2
    Pada artikel sebelumnya kita membahas 3 faktor pemeringkatan onpage dalam konteks SEO; Tag Title, Penggunaan Keyword, dan Struktur URL. Pada bagian ini kita lanjutkan tentang Tag Meta Description dan Duplicate Content. Tag Meta Description Tag Meta Des...
  • SEO: Faktor Penilaian Berdasarkan Situs
    Selain faktor pemeringkatan on-page dan link based (link based ranking factors - akan dibahas dalam artikel selanjutnya), ada sejumlah faktor yang diperhitungkan untuk menilai domain (website) itu secara menyeluruh (bukan halaman secara individu - web ...
  • SEO: Faktor Penilaian Berdasarkan Tautan
    Link based analysis membentuk inti algoritma penilaian oleh mesin pencari, bahkan site based factors yang dijelaskan sebelumnya memperhitungkan tautan/link pada satu atau beberapa bagian.Nah, saya tidak ingin terobsesi dengan urusan link, tapi teta...
  • SEO: Faktor Penilaian Berdsarkan Tautan Bag.2
    Masih tentang faktor penilaian mesin pencari berdasarkan tautan (link-based ranking factors) menyambung artikel sebelumnya. Relevansi halaman yang menaut Relevansi halaman yang menaut dinilai berdasarkan:Konten dari halaman tersebut Link profile ha...
  • Membuat Rencana SEO
    Sia-sia saja punya informasi tapi tidak punya pengetahuan dan keinginan untuk menggunakannya secara efektif. Anda sedang membaca salah satu artikel Panduan SEO, jadi saya anggap anda punya keinginan untuk memanfaatkan ilmu SEO.Setelah punya keingin...
  • SEO: Penentuan Tujuan
    Upaya SEO tidak ada gunanya kalau anda tidak punya gambaran jelas tentang:tujuan situs yang di-SEO-kan siapa yang menjadi target pengunjungnya apa yang anda ingin mereka lakukan apa tujuan jangka panjang anda kemajuan yang dicapai dari wak...
  • Siapa Target Audien Anda?
    Setelah anda memutuskan tujuan SEO-isasi, maka langkah selanjutnya adalah menentukan siapa target audien situs anda. Tidak masalah apakah situs  tersebut menjual sepatu atau hendak menggalang dana, anda harus menentukan siapa target pengunjungnya....
  • Apa Tujuan Situs (Website) Anda?
    Pada artikel seri Panduan SEO kali ini akan dibahas tentang tujuan - atau tepatnya adalah kegunaan - dari situs anda. Untuk siapa? Pada gilirannya adalah untuk anda, tapi sebelum anda 'mendapat' giliran anda harus 'memberi' dulu. Jadi tujuan atau kegun...
  • Riset Kata Kunci (Keyword Research)
    Riset keyword masih memegang peranan penting walaupun peta dan strategi SEO sudah banyak berubah (dari optimalisasi on-page menjadi link building dan sekarang ini social marketing). Sejak awal, Panduan SEO ini hanya membahas analisis topik dan bagaiman...
  • Alat Bantu Riset Kata Kunci
    Ada beberapa alat bantu riset kata kunci (keyword research tools) baik gratis maupun berbayar yang tersedia di internet untuk membantu anda mengembangkan daftar kata kunci sekaligus memperoleh data pencarian tentang kata-kata kunci tersebut.Anda bi...
  • Keyword Research dengan Google
    Google Adwords Keyword Tool Tool keyword research ini disediakan Google untuk membantu pengguna Google AdWords dalam mengestimasi volume pencarian kata kunci dan kompetisi iklan untuk kata kunci tersebut. Anda mendapat perspektif umum tentang kata ku...
  • Keyword Tools: WordTracker dan Keyword Discovery
    WordTracker WordTracker menawarkan tools yang cukup lengkap untuk menghasilkan list kata kunci (keyword) dan juga unggul untuk membandingkan popularitas kata kunci vs kompetisi (jumlah halaman yang harus "dilewati" untuk sebuah keyword).Nilai popular...
  • (Bukan Cuma) Riset Keyword dengan Market Samurai
    Alat bantu riset keyword (keyword research) favorit saya adalah Market Samurai (MS), sudah cukup lama saya menggunakan alat bantu yang satu ini. Hampir sejak pertama dirilis. Tujuan utama Market Samurai adalah upayanya dalam men-streamline-kan proses k...
  • SEO: Sudahkah Anda Lakukan Dengan Benar?
    SEO bukan hal yang sulit tapi harus dilakukan secara benar dalam urutan yang benar juga. Salah satunya tidak benar maka upaya SEO akan sia-sia. 1. Keywords Keywords atau kata kunci yang anda pilih adalah fondasi aktivitas SEO anda selan...
  • 8 Cara Menampilkan Halaman Terpenting (Untuk SE)
    Berikut ini cara-cara untuk menampilkan halaman web terbaik anda di search engine (SE) dan sekaligus menyembunyikan/menghilangkan halaman yang tidak diperlukan/diinginkan.Tergantung pada bagaimana struktur link situs anda, suatu halaman biasanya me...
  • 4 Alasan Kenapa Google Mengabaikan Anchor Text Pada Tautan (Link)
    Anchor text, atau teks yang terdapat pada tautan yang mengarah ke website anda memiliki efek besar terhadap posisi situs anda di halaman hasil pencarian (SERP) Google.Misalkan banyak situs lain yang menggunakan anchor text "buy blue band" untuk menau...
  • Evaluasi Kata Kunci
    Setelah anda memiliki daftar kata kunci yang terkait dengan niche dan kebiasaan pencarian audien, langkah selanjutnya adalah menemukan kata kunci mana saja yang paling bernilai dari daftar tersebut.Tidak ada cara yang benar-benar pasti unttk mengev...
  • Evaluasi Kata Kunci (2) - Memperkirakan Demand dan Relevansi
    Kita lanjutkan topik belajar SEO kali ini, masih tentang evaluasi kata kunci. Kalau sebelumnya kita mengevaluasi kata kunci berdasarkan persaingan/kompetisi, maka kali ini kita mengevaluasi nilai sebuah kata kunci berdasarkan permintaan dan relevansiny...

Subscribe to receive free email updates: