Google Pagerank Masih Penting


Belakangan ini berkembang pandangan bahwa PageRank (PR) sudah tidak penting, tapi kalau saya amati pernyataan tersebut seringkali terlalu didramatisir dan mencerminkan persepsi terbatas (mungkin juga disebabkan frustasi karena periode pembaruan nilai PageRank yang terlalu lama, sehingga efeknya sulit diamati).
Google PageRank masih penting. Pernyataan ini bukan karena alasan komersil penggunaan PageRank untuk patokan harga dalam aktivitas jual beli tautan, namun karena kenyataannya Google juga masih menggunakan PageRank dalam proses crawling, indexing, dan ranking-nya.

Bagaimana PageRank (PR) mempengaruhi situs anda?

  • Sebuah halaman situs (web page) butuh level PR tertentu sebelum Google bot mengunjunginya – jadi agar situs anda terjelajah sepenuhnya oleh Google (Google membaca semua halaman pada situs), situs tersebut harus mendapat PageRank tertentu. Perhatikan, tool apapun yang anda pakai untuk melihat PageRank semuanya menampilkan PR yang sudah out-of-date, tapi itulah indikator terbaik yang kita punya.
  • Walaupun tidak selalu benar, PageRank tinggi sering dihubungkan dengan situs-situs yangpunya otoritas (authority). Tautan dari halaman/situs dengan PR tinggi (tentu bila sekaligus relevan dan tepat konteks) adalah cara yang baik untuk membangun authority links.
  • Kalau semua aspek dianggap sama, tautan dengan PageRank tinggi lebih berharga daripada tautan dengan PR rendah.
  • PageRank sekaligus berperan dalam mengukur link popularity (berapa banyak tautan ‘menunjuk’ sebuah situs/halaman web), dan setelah kita tahu bahwa Yahoo dan MSN memberi bobot lebih pada link popularity, maka PR dapat menjadi indikator yang baik untuk mengetahui bagaimana situs anda akan tampil di mesin pencari.
PageRank kalau berdiri sendiri tidak menjamin posisi di mesin pencari. Situs dengan PR tinggi belum tentu posisinya top pada SERP. Jadi jangan terlalu ‘membanggakan dan mendambakan’ PageRank tinggi.
Meski demikian Google PageRank masih menjadi metrik penting dalam memperhitungkan nilai tautan dan berperan terbatas dalam memberi peringkat pada halaman hasil pencarian.
Catatan: Untuk mengetahui Google Pagerank situs anda, gunakan tool gratis Google toolbar atau favorit saya plugin Search Status untuk peramban Firefox.

Subscribe to receive free email updates: