Macam-macam Peripheral Part.1

Peripheral adalah hardware tambahan yang disambung ke computer, biasanya dengan bantuan kabel. Peripheral ini bertugas membantu computer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing. Ada beberapa jenis peripheral dengan berbagai tugasnya.
  • Scanner
Scanner digunakan untuk mengambil citra cetakan (gambar, foto, tulisan) untuk diolah atau ditampilkan melalui computer. Ada dua jenis scanner, handy scanner (dipegang dan digerakan dengan tangan), dan flatbed scanner (serupa mesin fotocopy)
  • External Zip Drive
External Zip Drive fungsinya sama dengan disket, ukurannya juga sama 3,5 inch. Hanya agak lebih tebal, namun kapasitasnya jauh lebih besar. 100MB yg kira-kira sama dengan 70 disket berkapasitas 1,44MB. Zip drive ini dibuat oleh perusahaan Inggris.
  • Tape Drive
Tape Drive berfungsi untuk menjalankan tape dalam penyimpanan/pengambilan data.
  • Microphone Dan Speaker
Peripheral ini berfungsi untuk  memasukan dan merekam suara serta mendengarkan hasil rekaman yang sudah disimpan didalam computer, atau mendengarkan music dan suara dari CD, MP3 atau game.
  • Joypad/Gamepad
Peripheral ini berfungsi sama dengan joystick hanya bentuknya berbeda, mirip papan kecil yang memiliki pegangan dan diatasnya bbanyak terdapat tombol-tombol. Juga bisa berfungsi sebagai mouse.
  • Kamera Digital
Kamera Digital kerjanya mirip kamera foto biasa, hanya saja hasilnya langsung disimpan dalam format data computer. Hasil yang diperoleh jauh lebih bagus dibandingkan hasil cetakan film negative.
  • External Modem
Modem External dipasang diluar casing dan dihubungkan melalui kabel, sedangkan modem internal berbentuk card yang ditancapkan pada mainboard. Modem berfungsi mengubah sinyal digital ke analog dan sebaliknya, guna mengirim data computer melalui saluran telepon. Jika ingin menggunakan internet, modem harus tersedia.
  • Printer
Digunakan untuk mencetak hasil proses computer kieatas kertas sehingga bisa dibaca. Ada 3 jenis printer,  yaitu dot-matrix printer, inkjet printer,  dan laser printer
  • Plotter
Plotter sama fungsinya dengan printer tetapi khusus untuk mencetak gambar. Kertas yang dippergunakan juga lebih besar dr kertas biasa. Plotter generasi pertama harus dipasangi rapido (pena khusus untuk menggambar), namun sekarang plotter juga terdiri dari inkjet dan laser.

Subscribe to receive free email updates: