Tutorial membuat funsi Define untuk file PHP

Detiktutorial kali ini akan membongkar rahasia script PHP yaitu "Define.
Pengertian define adalah sebuah script yang fungsinya untuk membatasi hak akses sebuah file PHP. hampir sama dengan "Redirect", tapi bedanya kalau redirect akan mengarahkan sebuah page itu sendiri ke page lainnya secara otomatis.
contohnya : index.php akan diredirect ke file Undercontruction.php.
maka saat kita mengakses file index.php secara otomatis kita akan di arahkan ke file Undercontruction.php.

Nah lain halnya dengan Define, cara kerja Define adalah untuk membatasi hak akses dari sebuah file php agar tidak bisa diakses dari urlnya langsung, melainkan harus di include dari file lainnya agar bisa berjalan. nah jika langsung diakses dari url aslinya maka akan tampil pesan kesalahan.

Pasti sudah gatel pengen praktik kan..., hehehe.... okeh lansung ke TKP!

Sekarang kita coba membuat file PHP (index.php dan rahasia.php)

yang pertama kita buat Index.php


yang kedua kita buat Rahasia.php
 

Ketika kita mengakses url file index.php melalui browser, maka yang terjadi adalah variable dan fungsi yang ada pada file rahasia.php itu di jalankan di file index.php sehingga tampilan contentnya yaitu "Uji coba berhasil", ini terjadi karena bantuan constanta yang ada pada index.php. sedangkan tampilan "Uji coba gagal banget" di dapatkan ketika kita mengakses secara langsung url file rahasia.php, ini terjadi karena constantanya itu tidak ada atau tidak didefinisikan, sehingga yang terjadi adalah "Uji coba gagal banget". bagaimana ? sangat mudah kan .....


Subscribe to receive free email updates: